Baru-baru ini, Toyota Astra Motor baru saja meluncurkan generasi terbaru Toyota Yaris. Tampilannya kini tampak lebih modern dan futuristik. Mesin yang digunakan memang masih sama dengan generasi pendahulunya, yaitu 2NR-FE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1500 cc. Pun begitu, fitur yang dibekalkan cukup mantab, khususnya fitur keselamatan dengan menyematkan 7 buah SRS Airbags.

Toyota All New Yaris 2018 masih bermain di segmen hatchback dan bersaing dengan Honda Jazz, Suzuki Baleno Hatchback, Mazda 2, KIA Rio, Hyundai Grand i20, Nissan March 1.5, dan Chevrolet Spark 1.4.

Eksterior Toyota All New Yaris 2018

Penyegaran desain eksterior membuat Toyota All New Yaris terlihat lebih modern dan sporty. Untuk bagian depan, secara bentuk memang tak banyak berubah, namun desain grille, headlamp, dan lainnya dibuat menjadi lebih modern. Headlamp menggunakan projector dengan aksen red ring yang terlihat modis. DRL LED dipasangkan dibawah cluster headlamp.

Tampak samping desainnya tak kalah dinamis dengan generasi pendahulunya, sekilas mengingatkan kita pada Mazda 2 facelift meskipun berbeda. Varian G dan TRD menggunakan velg 16 inch dikombinasikan dengan ban berukuran 195/60 R16. Terlihat cukup serasi karena gap antara ban dan fender tidak terlalu jauh.

Tampilan belakang terlihat paling mencolok perbedaannya dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lampu belakang model sipit membuat All New Yaris terlihat sporty dan futuristik. Untuk varian TRD, dilengkapi juga dengan rear roof spoiler two-tone body color-black dan garnish bumper yang sporty.

Interior Toyota All New Yaris 2018

Interior All New Yaris dihadirkan dengan dominasi warna hitam dengan tambahan aksen silver pada cluster tengah dasbor, konsol tengah, roda kemudi, dan grille AC. Head Unit sudah menggunakan layar sentuh dengan konektivitas USB, Bluetooth, Miracast, iPod/iPhone, dan internet, serta disalurkan ke 6 buah speaker. Pada roda kemudi, disematkan tombol audio control dan tombol pengatur MID. Paddle shif juga turut disertakan dibalik roda kemudi pada varian TRD CVT. MIDnya sendiri sudah mengadopsi layar TFT berwarna. Meskipun belum dual zone, AC sudah digital dengan climate control. Khusus varian TRD CVT, sudah tersedia pilihan sport mode dan eco mode.

Untuk akomodasi All New Yaris, kurang lebih seperti generasi sebelumnya. Ruang kaki dan ruang kepala memadai baik di baris depan maupun belakang. Kenyamanan juga meningkat berkat peredaman kabin yang diklaim lebih baik, meskipun jok masih belum dibalut kulit. Front center armrest juga turut menambah kenyaman, namun pada baris belakang masih belum tersedia. Untuk bagasinya, tidak terlalu luas tapi masih cukup untuk membawa barang bawaan ketika berpergian.

Performa Mesin dan Handling Toyota All New Yaris 2018

All New Yaris menggendong mesin yang sama dengan Yaris generasi kedua facelift, yaitu 2NR-FE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1500 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 107 PS pada putaran mesin dan torsi puncak sebesar 14.3 kgm (140 Nm) pada putaran mesin 4200 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan dan CVT 7-percepatan. Meskipun bukan mesin baru, mesin ini sudah cukup baik mengingat versi Thailand menggunakan mesin 3NR-FE yang hanya berkapasitas 1200 cc.

Karena masih baru dirilis, tak banyak informasi mengenai impresi mengemudi dan handling dari All New Yaris. Menurut pihak TAM, bagian kaki-kaki secara umum tidak berbeda dengan generasi sebelumnya, hanya ada perbedaan tuning, sehingga handlingnya baik namun juga memperhatikan sisi kenyamanannya.

Sumber: ortizaku.com

Hubungi
Lokasi