Mitologi Yunani kaya dengan tokoh-tokoh inspiratif seperti Dewi Charis alias Charites, Grace, atau Gratia. Encyclopædia Britannica menyebut Dewi Charis adalah personifikasi dari sebuah keanggunan dan kecantikan. Dewi Charis juga dikenal dengan berbagai rupa sebagai Aglaia, Euphrosyne, dan Thalia.

Sosok Charis dimanifestasikan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) yang menjumput nama Charis untuk mobil Toyota Yaris saat lahir pada 1999 silam untuk pasar Eropa. Di Indonesia, Toyota Yaris baru muncul di 2006 sebagai generasi II penerus generasi Toyota Starlet di segmen mobil sedan buntung atau hatchback.

Semenjak hadir di pasar Indonesia, Toyota Yaris beberapa kali berganti rupa tampilan luar hingga jeroan. Sempat muncul All New Yaris pada Maret 2014, berselang empat tahun kemudian, Yaris mengalami penyegaran terutama di eksterior. Tampilan baru ini diluncurkan pada 20 Februari 2018 lalu di Jakarta. Toyota Astra Motor (TAM) menyebutnya sebagai Toyota New Yaris.

“Penyegaran itu dalam rangka ngikutin dinamika perubahan kebutuhan pasarnya,” kata Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Rouli Sijabat kepada Tirto.

Seperti kata Rouli, tampilan Toyota New Yaris memang lebih segar terutama di bagian luar mobil ini. Desain bodi memiliki sudut-sudut dan lekukan tajam, headlamp dan lower grille yang jauh berbeda dibandingkan model lama. Di bagian pantat, memang ada perubahan signifikan pada desain lampu berlapis dan tipis dengan alur horizontal memberi kesan melebar.

Namun, jangan harap ada perubahan signifikan pada bagian interior, apalagi mesinnya. Toyota New Yaris masih menggendong mesin 2NR FE yang mampu memuntahkan tenaga maksimum 107 PS dan torsi 14,3 kgm. Singkat kata New Yaris adalah facelift tulen, cuma bukan juga sebagai mobil new karena masih memakai basis mesin, bodi monocoque, dan transmisi yang sama dari pendahulunya. Namun, ada harga yang harus ditebus konsumen, Yaris terbawah dihargai Rp235,4 juta atau lebih mahal Rp3 juta dari versi lama.

New Yaris sudah lebih dahulu muncul di Thailand. Kehadiran mobil ini memang penting, tentunya bagi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pabrikan perakitnya di Indonesia, apalagi TAM sebagai penjualnya.

Catatan Gaikindo di Januari 2018, Yaris hanya terjual 21 unit, bagai bumi dengan langit bila disandingkan dengan Honda Jazz facelift yang terjual 1.195 unit. Selama lima tahun terakhir, penjualan Yaris seringkali di bawah Honda Jazz yang memang lebih dulu mencicipi pasar Indonesia sejak 2004. Tahun lalu saja, penjualan Yaris hanya 10 ribuan unit, sementara Jazz mampu membukukan 16 ribu unit lebih. Honda Jazz memang penguasa pasar di segmen hatchback.

Honda tengah menikmati keunggulan mereka setelah lebih dulu mengeluarkan versi facelift Honda Jazz pada Juli 2017. Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy bilang, Honda belum berpikir untuk menyiapkan Honda Jazz terbaru sebagai tandingan untuk memantapkan posisi di atas angin dari Toyota Yaris. “Belum lah, kan baru 6 bulan lalu kita facelift.”

Sumber: tirto.id

Hubungi
Lokasi